Sabtu, Oktober 06, 2007
Animasi pada komputer
Saat ini teknik animasi dengan melakukan perubahan bentuk pada obyek tiga dimensi telah banyak digunakan pada berbagai macam aplikasi komputer grafik, terutama dalam pembuatan film-film animasi, program-program simulasi dan juga pembuatan iklan. Metamorfosis atau morphing obyek tiga dimensi merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk melakukan suatu proses perubahan bentuk dari suatu obyek menjadi obyek lainnya. Hasil metamorfosis yang baik ditentukan oleh perubahan yang berkoresponden baik bentuk maupun lokasinya. Hal ini menyebabkan permasalahan utama pada morphing obyek tiga dimensi adalah menentukan korespondensi vertex antara obyek asal dan obyek tujuan. Proses tidak mengalami masalah jika obyek mesh yang dimorfing mempunyai jumlah vertex dan bentuk yang hampir sama. Akan tetapi lain halnya jika dua obyek yang dimorfing mempunyai bentuk yang berbeda dan mempunyai jumlah vertex yang berbeda pula. Hal ini disebabkan tidak adanya korespondensi satu-satu antara setiap vertex dari obyek asal dengan vertex-vertex pada obyek tujuan. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu metode untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh ketidaksamaan jumlah vertex dan bentuk dari dua obyek yang dimorfing. Metode yang diterapkan bertujuan untuk mencari korespondensi antara setiap vertex pada obyek asal dengan vertex-vertex pada obyek tujuan. Cara yang digunakan yaitu dengan pembagian area obyek, dengan dibagi menjadii dua dan delapan bagian pada obyek asal dan obyek tujuan. Korespondensi vertex didapat dengan mencari jarak vertex terdekat antara obyek asal dan obyek tujuan. Proses morphing dilakukan dengan menggunakan algoritma liniear interpolation. Hasil dari penelitian ini sudah menghailkan proses morfing yang cukup bagus. Kelemahan yang masih dimiliki oleh metode ini adalah tidak menghasilkan proses yang bagus jika kedua obyek mempunyai perbedaan jumlah vertex yang terlalu banyak dan bentuknya sangat berbeda, dalam arti vertex-vertex pembentuk mengumpul pada area tertentu sehingga proses tidak berjalan dengan baik. Kata kunci : morphing, pembagian dua area, pembagian delapan area, obyek mesh, korespondensi vertex
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar